Jasa Poles Marmer Tulungagung: VARIAN JENIS BAHAN MAKAM MARMER

Monday, January 16, 2012

VARIAN JENIS BAHAN MAKAM MARMER


Makam Batu Bromo
Bahan makam marmer yang sering dikembang di daerah sentral Kerajinan marmer Tulungagung ada berbagai jenis, dari bahan yang paling murah sampai dengan yang mahal tersedia disini,Rata-rata untuk pembuatan makam marmer yang paling laris adalah jenis Batuan asli Tulungagung. Disini secar gamblang akan saya rinci jenis-jenis batuan yang sering dipakai unutk pengerjaan makam ini.
Jenis batuan ini biasa disebut sebagai trotol trenyep, asalnya dari Kabupaten Tulungagung,Daerah Besole kecamatan Besuki.Sebagian pabrik marmer lainnya sering menyebutnya sebagai marmer Jenis Bromo.Penggunaan bahan ini untuk makam marmer , sangat kami rekomendasikan, meskipun dilihat dari segi warna ,agak kurang menarik, mengingat makan marmer selalu berada ditempat terbuka dan terkena efek cuaca secara langsung dan ekstrem.

Jenis ini memiliki keunggulan pada segi ketahanan terhadap cuaca .Karena bahan ini memilki kepadatan yang tinggi dan jenis batuan dalam.Dipertambangan marmer, jenis batuan dalam ini biasanya memiliki usia yang paling tua, sehingga terbentuk warna bening didalam coraknya .corak warnanya adalah trotol ( bercak-bercak sebesar jari tangan)  menyebar rata keseluruh permukaan batu. Unutk Bahan ini memang yang paling murah,akan tetapi dalam segi kwalitas kecocokan bahan dan barang ini kami berikan rekomendasi tertinggi untuk keluarga tercinta yang telah Almarhum.
  NILAI  KESESUAIAN BAHAN DAN BARANG :
DIPEKUBURAN TERBUKA              :  *****
DIPEKUBURAN TERTUTUP           :***
Batu Tengger Bernisan Bromo

Batuan Jenis ini sering juga disebut sebagai batu trotol super,Bahan ini juga termasuk bahan yang cocok untuk dipergunakan sebagai bahan makam marmer,dan tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim,Kelompok ini juga termasuk dalam ketegory batuan dalam.
  NILAI  KESESUAIAN BAHAN DAN BARANG :
DIPEKUBURAN TERBUKA              :  ****
DIPEKUBURAN TERTUTUP             :****
Makam Batu Kawi

Jenis ini adalah  termasuk batuan luar atau batu galian atas, warnanya sangat putih,sedikit coklat.untuk kwa;litas Kawi ini adalah Jenis yang termahal dari Jenis batuan  Marmer tulungagung, Banyakorang yang menyukainya.Akan tetapi dalam penerepan sebagai bahan prasasti marmer,menurut penelitian kami ,batu ini kurang cocok,karena daya tahan dicuaca luar atau dioutdoor room lemah.Keindahannya hanya bisa bertahan hingga 3-4 Tahun saja,selanjutnya anda memerlukan perawatan khusus,unutk mempoles ulang makam ini.
Jika makam yang anda bangun adalah pemakaman keluarga yang terdapat cungkup ( atap yang luas ) pada pemakaman ini,batuan ini sangat cocok diterapkan unutk makam marmer Jenis Kawi.
Jadi Silahkan dipertimbangkan ketahanan barang dan juga tentu harganya.
  NILAI  KESESUAIAN BAHAN DAN BARANG :
DIPEKUBURAN TERBUKA              :  ***
DIPEKUBURAN TERTUTUP           :*****

Marmer Panggul adalah bahan yang didatangkan dari luar Tulungagung,yakni daerah Panggul Trenggalek,warnanya hitam keabu-abuan,bercorak batik dan berurat-urat.Batu Panggul  rata –rata tergolong sebagai batuan yang berusia tua,memiliki kepadatan yang kuat unutk diterapkan sebagai bahan Makam  marmer.
  NILAI  KESESUAIAN BAHAN DAN BARANG :
DIPEKUBURAN TERBUKA              :  ****
DIPEKUBURAN TERTUTUP             :****
Bahan makam selanjutnya adalah  bahan  Onix Bawean, warnanya bervariasi, akan tepai yang paling banyak adalah berwarna kuning bening,Orange dan keputih-putihan.Batuan ini sangat indah, dan bisa ditembus dengan cahaya jika dalam ketebalan tertentu.Aplikasi  penggunaan batu onix Bawean ini kurang kami rekomndasikan utnuk bahan makam atau kijingan,bahkan untuk batu nisanpun kurang cocok,Batuan ini sangat cocok untuk kerajinan indoor ,dialam terbuka atau outdoor batu onix Bawean hanya bisa bertahan maksimal 2,5 tahun saja, selanjutnya warnanya akan berubah menjadi bulak,buram keputih-putihan,dan tentunya harus sering mendapatkan perawatan,sebagai bentuk perawatan lanjutan adalah poles ulang atau pemolesan.
Harga Batuan ini adalah yang termahal dari semua jenis yang ada,jika makam kelaurga anda memiliki cungkup atau atap yang luas,kami merekomendaikan untuk Jenis ini,Kisaran harga makam Jenis Onix ini,mulai dari 4,5 juta rupiah.
  NILAI  KESESUAIAN BAHAN DAN BARANG :
DIPEKUBURAN TERBUKA              :  **
DIPEKUBURAN TERTUTUP           :****
Andesit adalah batuan marmer yang sejenis dengan granit.Akan tetapi andesit ini biasanya masih muda,sehingga penampilannya tidak seperti granit.Kami sering menyebutnya sebgai granit local.Batuan ini juga tergolong mahal.Jika diterapkan sebagai bahan makam juga sangat cocok,baikuntuk ruangan terbuka maupun ruangan tertutup.
Warna batuan ini adalah abu-abu bertitik sampai dengan hitam,membedakan batuan ini dengan batuan panggul adalah andesit ini hanya memiliki pola titik, dan tidak memiliki urat-urat.Jika diberikan  sentuhan poles yang sempurna batuan ini akan mengkilap memantulkan cahaya yang sangat mewah,bahkan tah jarang efek pelangi juga bisa muncul disela-sela titik-tik kecil  elementpembentuk batu ini
  NILAI  KESESUAIAN BAHAN DAN BARANG :
DIPEKUBURAN TERBUKA              :  ****
DIPEKUBURAN TERTUTUP           :*****

Batuan ini berwarna merah,bercirak batik,dari warna pink sampai dengan merah tua, jenis yang padat.Meiliki urat-urat batu  sepertihalnya batuan Tulungagung yang lainnya.Marmer jenis ini biasanya diterapkan sebagai bahan kerajinan indoor,Tingkat usia marmer ini masih tergolong sedang,dan tidak terlalu tua.Kepadatannya lumayan kuat.Akan tetapikurang cocok unutkdiletakkan diarea outdoor.Batu ini mudah berubah warna jika terkena cuaca ekstrem atau pergantian musim. Kelemahan lainnya batuan ini mudah sekali ditumbuhi lumut.Penerapan untuk beberapakerajinan dinding dan lantai selalu memberikan perlindungan anti lumut pada batuan ini.
  NILAI  KESESUAIAN BAHAN DAN BARANG :
DIPEKUBURAN TERBUKA              :  ***
DIPEKUBURAN TERTUTUP           :****

CATATAN: Penilaian ini bersifat teknis  ,yakni tingkat kesesuaian materi barang jika diterapkan didalam ruangan atau luar ruangan,kami tidak menilai sebagai tingkat keindahannya,karena masing-masing konsumen memiliki kesesuian selera masing masing.

0 komentar:

Post a Comment